Baca juga artikel lainnya

Kategori

Rabu, 06 Juli 2011

Sejarah Sungai Nil



Nama sungai Nil berasal dari bahasa Yunani Νείλος Neilos yang artinya secara harafiah adalah "lembah sungai".

Sungai Nil (bahasa Arab: النيل an-nīl atau bahasa Mesir/Koptik iteru Iteru.png), di Afrika, adalah satu dari dua sungai terpanjang di Bumi. Sungai Nil mengalir sepanjang 6.650 km atau 4.132 mil dan membelah tak kurang dari sembilan negara yaitu : Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, dan tentu saja Mesir. Karena sungai Nil mempunyai sama artinya dalan sejarah bangsa Mesir (terutama Mesir kuno) maka sungai Nil identik dengan Mesir.

Sungai Nil mempunyai peranan sangat penting dalam peradaban, kehidupan dan sejarah bangsa Mesir sejak ribuan tahun yang lalu. Salah satu sumbangan dari sungai Nil adalah kemampuannya dalam menghasilkan tanah subur sebagai hasil sedimentasi di sepanjang daerah aliran sungainya. Tanah yang subur ini memungkinkan penduduk Mesir mengembangkan pertanian dan peradaban sejak ribuan tahun yang lalu.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sungai_Nil

Artikel Terkait

Anda baru Saja membaca artikel tentang Sejarah Sungai Nil dan anda bisa menemukan postingan Sejarah Sungai Nil ini dengan url http://crgprogramer.blogspot.com/2011/07/sejarah-sungai-nil.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Sejarah Sungai Nil ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, Tapi ingat, jangan lupa untuk meletakkan link Sejarah Sungai Nil sumbernya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ip addres

IP