Baca juga artikel lainnya

Kategori

Kamis, 06 Oktober 2011

Akibat Meninggalnya Stave Jobs


JAKARTA -- Meninggalnya Steve Jobs akibat serangan kanker pankreas, mendapat tanggapan dari pakar kesehatan, Phaidon L Toruan. Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung itu mengatakan, nasib Steve Jobs sama seperti Patrick Swayze yang meninggal karena kanker pankreas bulan September 2009.

"Saya adalah dokter yang belajar marketing, sehingga cukup kenal figur Steve Jobs walau bukan pengguna Apple," kata Phai, memulai penjelasannya, yang dikirim ke wartawan, Kamis (6/10).

"Kesehatan Steve Jobs menjadi menarik buat saya amati, karena harga stok saham Apple dipengaruhi oleh rumor kesehatan Steve," imbuh alumnus Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE-UI) itu.

Dikatakan, ketika Steve tampak tidak sehat di suatu acara MacWOrld di tahun 2009, Steve mengatakan dirinya “berada dalam ketidakseimbangan hormon”. Lalu ketika dia mengumumkan akan menjalani perawatan, harga saham Apple turun. Setiap saat beredar rumor, baik asli atau palsu soal kesehatan Steve, sambung Phai, maka harga saham akan turun.

Apa itu kanker pankreas? Dokter Phai-begitu biasa disapa- menjelaskan, dengan merujuk pada Sol Goldman, John Hopkins Medical Center dan WebMD. "Diabetes sangat berhubungan dengan pankreas," ujarnya.

Pankreas adalah kelenjar yang berbentuk tube, sekitar 15 cm yang terletak di perut bagian belakang. Tugas utamanya bagi tubuh manusia adalah menghasilkan enzim yang membantu usus memecah makanan, dan memproduksi hormon yakni insulin yang membantu regulasi gula darah.

"Kanker pankreas adalah penyebab keempat kematian kanker baik pria dan wanita dan merupakan salah satu kanker yang paling mematikan, juga di kalangan medis dikenal sebagai 'silent killer'. Sebanyak 38.000 orang Amerika akan terdiagnosa kanker pankreas dan 34.000 diantaranya akan mati karenanya," tulis Phai.

Kanker ini, alnjutnya, sebetulnya dapat ditatalaksana kalau ditemukan di tahap awal. Akan tetapi masalah dari kanker ini adalah kesulitan mendiagnosa untuk tahap awal . Pada tahap awal kanker tidak terasa gejala apapun. Akan tetapi seiring dengan semakin besarnya pertumbuhan kanker maka akan terasa nyeri di perut bagian atas kiri yang menyebar ke belakang. "Rasa nyerinya menjadi saat orang yang terkena kanker makan atau berbaring. Gejala lain yang tampak adalah jaundice alias kuning," terangnya.

Kemampuan bertahan hidup selama 5 tahun adalah 25% kalau kanker dioperasi dan diangkat saat masih kecil dan belum menyebar.

Siapa saja yang berisiko terbesar terkena kanker pankreas? Phai menyebut ada tujuh. Yakni faktor keturunan, terutama jika ada dua atau lebih kerabat yang menderita kanker pankreas. Kedua, keturunan Yahudi Ashkenazi. Ketiga, mengalami mutasi genetik BRCA. Empat, usia di atas 50 tahun. Kelima, perokok berat. Keenam, penderita diabetes. Ketujuh, Lain-lain, seperti penyakit hati kronis, obesitas, kurang olahraga.

"Untuk ketiga faktor yang pertama tersebut adalah hal yang tidak dapat dikontrol. Faktor keempat, penuaan, memang tidak dapat dikontrol, karena secara kronologis usia orang terus bertambah. Akan tetapi, usia tubuh dapat dikembalikan. Salah satunya adalah dengan melakukan terapi hormon yang komprehensif," paparnya.

Mengenai pengaruh rokok, Phai merujuk pendapat John Hopkins. "Rokok adalah salah satu faktor penyebab kanker pankreas, dan seperti kita ketahui, konsumsi rokok di negri ini sangat besar. Perlu perhatian bagi semua masyarakat di Indonesia, bahwa akibat merokok lebih dari sekedar kanker paru-paru. Kematian dini yang diakibatkan dari rokok lah yang perlu dikhawatirkan," katany

Artikel Terkait

Anda baru Saja membaca artikel tentang Akibat Meninggalnya Stave Jobs dan anda bisa menemukan postingan Akibat Meninggalnya Stave Jobs ini dengan url http://crgprogramer.blogspot.com/2011/10/akibat-meninggalnya-stave-jobs.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Akibat Meninggalnya Stave Jobs ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, Tapi ingat, jangan lupa untuk meletakkan link Akibat Meninggalnya Stave Jobs sumbernya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ip addres

IP